Training ESQ for Teens

Assalamuaalaikum wr.wb

Alhamdulillah Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) Humaira mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Training ESQ For Teens yang diselenggarakan di SMPI Teratai Putih Global. Training ESQ ini menghabiskan waktu dua hari untuk menuntaskan semua materinya, yaitu tanggal 20 juli sampai dengan 21 juli 2019. Alhamdulillah masing-masing siswi Humaira mendapat kesan dan pesan tesendiri selama mengikuti Training ESQ. Ditambah lagi, keseruan dalam menempuh perjalanan menuju daerah Bekasi,Tambun. Ke ruko salah satu siswi Humaira, sebagai tempat singgahan istirahat selama dua hari mengikuti Training ESQ.

Seluruh siswi Humaira menunggu KRL datang di Statiun Pondok Cina. Selama menempuh perjalanan ke Bekasi dengan KRL, siswi Humaira harus naik turun dua kali KRL untuk sampai di tujuan yaitu Tambun,Bekasi. Di pemberhentian pertama, sambil menunggu KRL penghubung, siswi Humaira besantai-santai seperti piknik sambil duduk di hamparan pinggir rel KRL sambil sesekali membuka snack ringan untuk dimakan bersama-sama. Di pemberhentian kedua sekaligus penghujung statiunnya, siswi Humaira semuanya turun dan mulai mencari tempat yang tepat untuk memesan Ojol Mobil. Dalam menaiki Ojol Mobil, Siswi Humaira dibagi menjadi dua tim. Tim yang pertama berangkat terlebih dahulu ke salah satu ruko siswi humaira, kemudian tim yang kedua menyusul dari belakang. Alhamdulillah, seluruh siswi Humaira sampai ke tujuan dengan selamat.

Siswi Humaira berangkat menuju SMPI Teratai Putih Global sekitar pukul 06.30 . Setelah tiba di sekolah teratai putih global, siswi Humaira diarahkan menuju Aula SD-nya yang berada di lantai 3, gedung paling pojok sekolah.

Saat Training dibuka, Acara pengenalan dimulai dari pihak ESQ. Ada Kak Venny, Kak Wira, Kak Lutfhi, Kak Nia dan yang terakhir Kak Chyntia yang memperkenalkan dirinya masing-masing.

Tidak hanya satu materi yang diberikan, tapi sangat banyak dan juga sangat bemanfaat. Dalam menyampaikan sebuah materi, pihak ESQ tidak akan membuat siswa dan siswi yang hadir merasa jenuh dan bosan. Karena, ada hal-hal yang menyenangkan disetiap materi yang disampaikan. Entah itu ada games, menyanyi bersama, ngedance bersama dan drama pendek yang membuat seluruh peserta yang hadir tertawa. Dan juga, ada materi-materi tetentu yang membuat siswi Humaira menangis.

Kecerdasan seseorang tidak hanya dipandang dari segi kecedasan IQ saja. Tapi ada dua kecerdasan lainnya lagi, yaitu EQ dan SQ. EQ meupakan kecerdasan emosi atau perasa. Sedangkan untuk SQ merupakan kecerdasan secara spiritual atau kecerdasan dalam sikap. Suksesnya seseorang, seimbang anta SQ dan EQ-nya. Dan untuk mencapai kesuksesan pengaruh sikap 90% sedangkan untuk skill dan knowledge 10% saja. Jadi, sikap yang dominan dalam mencapai kesuksesan seseorang. Seluruh peserta yang hadir temasuk Siswi Humaira pada saat itu sepenuhnya mengerti akan materi kecerdasaan ini yang disampaikan oleh Kak Venny

Future leaders. Future leaders berisikan 3 petanyan untuk diri kita sendiri yang berkaitan dengan Allah SWT. 3 pertanyaan itu adalah Siapa Saya? Dimana Saya? Dan Mau kemana saya?. Future leaders sangat penting untuk membimbing kehidupan kejalan yang Allah ridai. Karena, Hidup dan mati kita , hanya kita serahkan kepada Allah SWT. Siapa saya? Wakil Allah. Dimana saya? Bumi Allah. Mau kemana saya? Syurga Allah. Jawaban-jawaban yang tertulis diatas bekaitan dengan Allah SWT.

Materi selanjutnya seluruh peserta termasuk siswi humaira memasuki sebuah perjalanan Luar Angkasa yang bisa disebut juga dengan Outer Journey. Materi Outer Journey dibagi dalam beberapa hal. Hal yang pertama tentang teori alam semesta yang ditemukan oleh bebeapa para ilmuwan. Hal yang kedua tentang ledakan Bigbang dan proses terjadinya alam semesta beserta surat yang memuat tentang kejadian Bigbang tersebut. Hal yang ketiga tentang pejuangan Rasulullah saat berdakwah. Dan yang terakhir, tentang seluruh yang ada di alam semesta ini memutar karena tunduk dan patuh terhadap Allah SWT, termasuk manusia memutar mengelilingi kakbah. Ada 5 kesimpulan yang di dapat dari materi ini yaitu, Allah itu ada, Allah itu maha besar, Allah itu esa, Rasulullah itu benar dan Al qur’an itu benar adanya. Pada saat penyampaian materi ini seluruh peserta terisak menangis dengan ungkapan yang begitu menjiwai kedalam diri (membuat sadar).

Tidak kalah seru materi belanjut lagi selepas sholat dzuhur dan makan siang. Materi tersebut tentang perjalanan kedalam diri sendiri atau dengan singkat dinamakan Inner Beauty. Hal pertama yang disampaikan dalam materi ini adalah suara hati. Suara hati ini bisa diartikan dengan sebuah tindakan yang dilakukan dalam bentuk tindakan yang baik. Contohnya seperti menolong. Setelah itu, seluruh peserta yang hadir dalam acara training ESQ, harus menerka mana yang suara hati dan mana yang suara emosi. Seluruh peserta hampir semua paham tentang mana itu suara hati dan mana itu suara emosi. Hal yang kedua membahas tentang belenggu. Belenggu semacam sifat buruk diri kita yang tertanam dalam hati sehingga hati kita bisa saja menjadi keras dan menghitam. Hanya dengan bantuan dari Allah SWT kita bisa menghapus belenggu yang ada dalam hati kita. Kita bisa menghapusnya dengan cara ZPM yaitu ZERO MIND PROSES. Ada 2 cara ZMP yang diajarkan Rasulullah yaitu, istighfar dan berwudhu.

Di sesi akhir Training ESQ, seluruh peserta yang hadir semua bahagia dan tertawa temasuk siswi Humaira karena drama pendek tentang Si Culun yang sangat menghibur. Jadi, hal yang dilakukan itu membuat seluruh peserta termasuk siswi Humaira semangat untuk mengikuti Training selanjutnya esok hari.

Siswi Humaira pulang sekitar pukul 05.00 dan sampai ke ruko sekita pukul 05.50. Siswi Humaira semuanya sangat letih. Sehingga siswi Humaira bergegas untuk membersihkan diri, melaksanakan ibadah seperti sholat maghrib dan isya, kemudian langsung memakan sate yang telah tersedia. Dalam memakan sate, siswi Humaira mendapat 5 tusuk setiap orangnya. Dan Alhamdulillah siswi Humaira merasa kenyang semua.

Di hari berikutnya yaitu tanggal 21 juli 2019. Sisi Humaira berangkat lebih cepat dengan sarapan pagi memakan roti bakar. Ketika sampai di SMPI Teratai Putih Global, siswi Humaira bergegas untuk menuju aula. Dan ketika bearda di dalam aula, hanya ada beberapa oang saja yang baru sampai di ruang aula tersebut.

Seperti biasa, Seluruh peserta yang hadir diarahkan untuk melakukan ritual tepuk ESQ untuk membuat suasana menjadi semangat. Dan juga, Seluruh peserta yang hadir diarahkan untuk berdiri dan ngedance besama yang di intruksikan oleh kak wira. Sangat menyenangkan.

Materi pun dimulai dan belanjut. Materi pertama tentang Star Principle hal yang tekait tentang Janji kepada allah, mental tangguh dan yang terakhir mental digital. Saat penyampain materi ini, Seluruh peserta hampir semua menangis dan harus menulis dibuku untuk berjanji kepada Allah bahwa kita ingin memuat hal-hal yang ingin kita ingin prebaiki kedalam diri kita. Selanjutnya, Angel Principle suatu perbuatan baik dari kita, lalu kita lupakan. Tapi, jika orang lain berbuat baik kepada kita, ingat. Itu inti dari Angel Principle yang diterangkan di Training ESQ. Dan yang ketiga, Vision Principle tentang sebuah cita-cita yang wajib kita raih. Antara lain Bertemu Allah, prestasi dunia dan yang terakhir giat belajar. Dan yang keempat yaitu Well Organized Principle inti yang disampaikan dari materi ini adalah Semakin besyukur, semakin menerima. Dan yang terakhir adalah Learning Principle yang inti dari materi yang disampaikan adalah ambil yang baik, buang yang buruk, dan ciptakan produk yang baru (Kaizen). Dalam menyampaikan hal-hal yang terkait dalam materi ini, itulah macam-macam EQ yang Wajib dibangun Atas 6 hal yang telah ditulis diatas.

Dan materi yang terakhir yang disimak oleh sisi Humaira adalah hal-hal yang harus dibangun dan itu meliputi IQ. Yang pertama adalah Mission Statement yaitu kita mengucap syahadat pasti selalu 9x perhari setiap sholat. Yang kedua Self Controlling, Self Controlling intinya adalah mengontrol tindakkan yang tidak baik. Yang kedua tentang Character Building dengan cara Sholat. Karena sholat terdapat nilai jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil dan yang teakhir peduli. Dan selanjutnya Stategic Collaboraiton yang menjelaskan tentang macam-macam kebahagiaan. Ada Phsycal Happines, ada Emotional Happines dan ada juga Spiritual Happiness. Phsycal Happines adalah kebahagiaan yang itu nyata bentuknya, sepeti kita dibelikan sebuah hadiah oleh orang lain. Emotional Happines merupakan kebahagiaan dalam sebuah sanjungan atau pujian, biasanya itu diberikan oleh orang lain juga. Spiritual Happiness merupakan kebahagiaan dari diri sendiri karena melakukan hal baik sepeti bersedekah, dan hanya Spiritual Happiness yang datang dari diri sendiri bukan oang lain.

Pada akhir materi Training ESQ, Kak wira memberikan Langkah 5. Ada 4 point yang termasuk dalam Langkah 5 yaitu, kenali suara hatimu, buang belenggumu, Allah pusat pengabdianmu dan terakhir suara hati menjadi langkah nyata, semangat pantang menyerah.

Dan ada satu game tentang detektif yang sangat seru. Jadi cara permainannya kita cukup mencari 1 teman kita yang akan saling membelakangi, lalu kita akan mendapatkan satu buah amplop putih yang tidak boleh dibuka jika belum ada perintah, dan kita harus mengikuti apa yang diperintahkan oleh Kak wira. Jika kita disuruh tiarap maka kita tiarap, jika kita disuruh lihat kanan atau kiri maka kita harus mengikuti. Dan ternyata pada akhinya amplop putih itu berisi tisu dan kita diperintahkan untuk membersihkan sepatu pasangan yang kita ajak main itu dengan tisu. Dan itu sangat menyenangkan bagi siswi Humaira dan juga seluruh peserta yang hadir.

Alhamdulillah kegiatan Taining ESQ telah selesai, dan siswi Humaira mempunyai kesan dan pesen tesendiri dari setiap masing-masing orangnya. Dan Training itu juga jadi pembelajaran baru bagi murid-murid baru di Humaira.

Sekian, Terimakasih


Posted on: 30 Oct 2019, by: Humaira


Berita Lainnya

Kunjungan Salsabila Tahfidz Boarding School

Assalammualaikum wr.wb. Alhamdulillah…

Read More

Qur'an Camp

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulillah…

Read More

Seminar Anti Joker

Assalammualaikum wr.wb. Pada…

Read More

Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Ar-Rahmah

Assalammualaikum.Wr.Wb. Atas…

Read More

Training ESQ for Teens

Assalamuaalaikum wr.wb Alhamdulillah…

Read More

Personal Selling

Assalamualaikum wr.wb Atas…

Read More

Ramadhan Camp

Alhamdulillah, atas perkenan Allah, Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) “Humaira”…

Read More

Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Atas izin dan rahmat Allah SWT, pada pekan kedua bulan ini The House of Humaira mendapatkan materi…

Read More

Mengawali Program Tahun Ajaran baru dengan Berbenah

Awal Juli 2019, muslimah Humaira mulai kembali beraktivitas. Siswi baru selevel SMP pun bergabung…

Read More

Kunjungan dari Pengajar Pondok Tahfidz Era Mart Samarinda

Selasa, 13 November 2018 malam hari--sekitar ba’da isya—rumah edukasi kepribadian muslimah Humaira kedatangan tamu…

Read More