Ramadhan Camp

Alhamdulillah, atas perkenan Allah, Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) “Humaira” berhasil menyelenggarakan acara bertajuk Ramadhan Camp (RC). Kegiatan yang melibatkan para remaja Muslimah ini berlangsung pada tanggal 6-26 Mei 2019.

Ramadhan Camp

Dalam kegiatan ini para peserta diajak menghidupkan bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadah, seperti mengkaji Quran dan memperbanyak shalat sunnah.

Sesuai namanya Ramadhan Camp, tentu saja shalat sunnah yang pasti diadakan adalah shalat Tarawih. Namun untuk lebih mengoptimalkan ibadah di bulan mulia ini, peserta juga diajak membiasakan shalat sunnah Dhuha, Rawatib, serta shalat Tahajjud yang diselenggarakan pada dini hari menjelang makan sahur.

Kegiatan mengkaji Qur’an tidak cuma membacanya (tilawah), namun juga mencakup kegiatan tadabbur (membahas kandungannya), tahfizh (menghafalkan ayat-ayatnya), dan muraja’ah (menyetorkan hafalan). Dari proses tadabbur, peserta diajak memilih ayat-ayat favoritnya kemudian mencatatnya di buku khusus.

Kemudian agar peserta lebih semangat menghafal, kegiatan Ramadhan Camp tidak hanya diselenggarakan di asrama. Sebagai selingan, diadakan acara rihlah ke berbagai masjid di sekitar kota Depok, antara lain Masjid Al-Qalam di perumahan Citra Grand serta Masjid Ukhuwah Islamiyah di kampus Universitas Indonesia.

Di samping itu, para peserta diberi pelatihan life skill sebagai perempuan Muslimah, agar kelak terampil menjadi seorang istri dan dan seorang ibu shalihah. Pelatihan meliputi memasak dan housekeeping (manajemen menata dan membersihkan rumah).

Ilmu housekeeping yang antara lain berupa menyapu dan mengepel lantai serta mencuci piring dan baju pakaian, memang kelihatan sepele. Padahal tidak ringan juga untuk dilakoni jika tak tahu kiatnya. Ada ilmu dan seninya. Juga ada standarnya.

Pada RC ini peserta diperkenalkan dengan cara melipat pakaian ala Marie Kondo, sehingga peserta mengetahui cara yang efektif dan efisien melipat pakaian dan menyimpannya ke dalam lemari maupun koper. 

Oh ya, para peserta RC juga ditularkan “virus” positif berupa habit (kebiasaan) siswi Rekam Humaira, yakni menulis rasa syukurnya pada sebuah buku catatan bernama Buku Syukur. Di buku itu peserta menuangkan evaluasinya tentang nikmat Allah apa saja  yang dia dapatkan pada hari itu kemudian melafazkan rasa syukurnya ke dalam lembaran buku tersebut.

Tak semua acara serius melulu. Sebagai hiburan, pada RC diadakan kegiatan selingan nonton bareng  (nobar)  film islami yang menginspirasi.

Semoga sepulang dari Ramadhan Camp semua kebiasaan positifnya bisa langsung diterapkan di rumah. (Savira, Siswi Humaira)


Posted on: 17 Jul 2019, by: Humaira


Berita Lainnya

Kunjungan Salsabila Tahfidz Boarding School

Assalammualaikum wr.wb. Alhamdulillah…

Read More

Qur'an Camp

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulillah…

Read More

Seminar Anti Joker

Assalammualaikum wr.wb. Pada…

Read More

Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Ar-Rahmah

Assalammualaikum.Wr.Wb. Atas…

Read More

Training ESQ for Teens

Assalamuaalaikum wr.wb Alhamdulillah…

Read More

Personal Selling

Assalamualaikum wr.wb Atas…

Read More

Ramadhan Camp

Alhamdulillah, atas perkenan Allah, Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) “Humaira”…

Read More

Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Atas izin dan rahmat Allah SWT, pada pekan kedua bulan ini The House of Humaira mendapatkan materi…

Read More

Mengawali Program Tahun Ajaran baru dengan Berbenah

Awal Juli 2019, muslimah Humaira mulai kembali beraktivitas. Siswi baru selevel SMP pun bergabung…

Read More

Kunjungan dari Pengajar Pondok Tahfidz Era Mart Samarinda

Selasa, 13 November 2018 malam hari--sekitar ba’da isya—rumah edukasi kepribadian muslimah Humaira kedatangan tamu…

Read More