Personal Selling

Assalamualaikum wr.wb

Atas izin dan rahmat Allah SWT, alhamdulillah Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) Humaira akhirnya telah melaksanakan kegiatan Personal Selling pada kegiatan Car Free Day pada hari Minggu, tanggal 4 Agustus 2019. Produk yang Rekam Humaira jual terdiri dari peyek, kripik tempe dan juga baju pre-loved. Bukan sekedar berjualan saja, kegiatan ini adalah bentuk praktek siswi Humaira setelah mendapatkan ilmu Personal Selling yang diberikan oleh mahasiswa EBS.

Alhamdulillah, setelah mendapat bimbingan berupa materi bisnis selama 5 kali pertemuan, siswi SMA Humaira bisa mempraktekkan langsung ilmu bisnisnya pada kegiatan berjualan di CFD . Tidak hanya sisiwi SMA, siswi SMP juga turut membantu berjualan.

Sore hari di hari sabtu, siswi SMP dan SMA berkumpul dengan kakak-kakak EBS, membicarakan rencana kegiatan esok pagi. Mulai dari pembagian kelompok berjualan, kemudian setiap kelompok praktek menawarkan produk kepada konsumen.

Malam harinya, Siswi SMA Humaira bekerja sama mempersiapkan segala kebutuhan berjualan mulai dari plastik, uang kembalian, serta packing produk kripik dan tempe sedari menimbang, membungkus ke dalam kemasan plastik kecil, menghitung jumlah dan menyusunnya dengan rapi. Dan saat melakukannya, siswi Humaira melakukannya dengan penuh kerja sama. Dan juga, seluruh siswi Humaira harus bekerja sama esok paginya demi melancarkan jadwal kegiatan yang telah disepakati bersama. Karena, saat di CFD harus datang pagi-pagi untuk berjualan.

Pagi harinya, setelah sholat tahajud, Kak Savira mengajak seluruh siswi Humaira berkumpul untuk briefing terlebih dahulu untuk menginformasikan hal-hal apa saja yang harus di lakukan di lokasi berjualan, serta pembagian kelompok mobil berangkat. Kelompok yang pertama harus sudah siap pada pukul 05.30, sedangkan untuk kelompok yang kedua harus siap pada pukul 06.00. Saat sampai di lokasi Car Free Day, seluruh siswi Humaira segera berpencar berjualan kripik tempe dan peyek bersama pasangannya masing-masing yang telah ditentukan. Beberapa kelompok berjalan menawarkan produk kearah kanan pasar dan sebagian lainnya yang kearah kiri pasar.

Ada banyak perasaan yang siswi humaira rasakan saat pertama kali berjualan. Pastinya rasa malu muncul pertama kali. Tapi, ketika sudah ada orang yang membeli 1 atau 2 produk, rasa percaya diri perlahan-lahan muncul dan memudarkan rasa malu. Apalagi ketika mengetahui bahwa puluhan produk yang laku, Perasaan siswi Humaira semua merasa senang dan bahagia. Setiap siswi Humaira juga dapat menjual produk dengan jumlah yang berbeda-beda, ada yang laku 9, ada yang laku 8, ada yang laku 5 dan lain-lain.

Menjelang balik ke asrama, siswi Humaira terlebih dahulu bersama-sama membereskan seluruh stand termasuk sampahnya. pembagian kelompok mobil saat berangkat dan pulang sama. Kelompok yang pertama dahulu yang pulang kemudian disusul oleh kelompok yang kedua.

Selepas merehatkan badan sejenak karena letih, Seluruh siswi Humaira langsung evaluasi bersama dengan Mahasiswa EBS tentang pengalaman dan perasaan saat mempraktekkan ilmu Personal Selling, kemudian dilanjut dengan mengumpulkan modal jualan berupa uang kembalian yang diberikan oleh asrama dan juga total seluruh uang penjualan keripik tempe dan peyek. Alhamdulillah, Tidak hanya bejualan saja saat di CFD, tetapi seluruh siswi Humaira juga mendapatkan sebuah pembelajaan saat berjualan. Yaitu, pelajaran tentang kesabaran, kegigihan dan kepercayaan diri.

Terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb


Posted on: 30 Oct 2019, by: Humaira


Berita Lainnya

Kunjungan Salsabila Tahfidz Boarding School

Assalammualaikum wr.wb. Alhamdulillah…

Read More

Qur'an Camp

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulillah…

Read More

Seminar Anti Joker

Assalammualaikum wr.wb. Pada…

Read More

Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Ar-Rahmah

Assalammualaikum.Wr.Wb. Atas…

Read More

Training ESQ for Teens

Assalamuaalaikum wr.wb Alhamdulillah…

Read More

Personal Selling

Assalamualaikum wr.wb Atas…

Read More

Ramadhan Camp

Alhamdulillah, atas perkenan Allah, Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) “Humaira”…

Read More

Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Atas izin dan rahmat Allah SWT, pada pekan kedua bulan ini The House of Humaira mendapatkan materi…

Read More

Mengawali Program Tahun Ajaran baru dengan Berbenah

Awal Juli 2019, muslimah Humaira mulai kembali beraktivitas. Siswi baru selevel SMP pun bergabung…

Read More

Kunjungan dari Pengajar Pondok Tahfidz Era Mart Samarinda

Selasa, 13 November 2018 malam hari--sekitar ba’da isya—rumah edukasi kepribadian muslimah Humaira kedatangan tamu…

Read More