Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Atas izin dan rahmat Allah SWT, pada pekan kedua bulan ini The House of Humaira mendapatkan materi pelajaran yang sangat bermanfaat dari seorang guru sekaligus wali murid, yakni Bunda Ningrum. Pelajaran ini temanya tentang “18 Nilai Kehidupan”.

Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Pertemuan pertama berlangsung pada hari Rabu, 10 Juli 2019. Pada pertemuan ini, Bunda Ningrum tidak langsung memberikan materi, namun para siswi diajak berembuk untuk membuat sebuah aturan main yang disepakati bersama selama pelajaran berlangsung. Setelah itu, para siswi Humaira memperkenalkan diri masing-masing secara bergiliran.

Pelajaran diawali dengan masing-masing siswi menyebutkan satu sikap yang bernilai positif secara bebas. Kemudian setiap orang harus menyebutkan sikap yang dipilihnya sendiri setelah menyebutkan ulang sikap positif yang sudah disebutkan sebelumnya oleh siswi lain. Tujuan dari kegiatan recalling tersebut adalah melatih otak untuk mengingat kembali memori yang sudah didengarnya.

Setelah itu barulah masuk ke dalam inti pelajaran. Bunda Ningrum menyebutkan 18 nilai kehidupan yang terdiri dari: mutu, hormat, jujur, disiplin, rendah hati, ramah, ikhlas, syukur, khusyu, kasih sayang, istiqamah, taqwa dan yang terakhir adalah qana’ah. 

Kemudian, siswi Humaira diberikan challenge bersama yang menyerupai sebuah games. Para siswi  menuliskan ke-18 nilai positif tersebut yang dibagikan pada sekitar sebelas anak, sehingga masing-masing orang menuliskan 1-2 sikap  tersebut ke dalam kertas origami berwarna-warni. Selanjutnya kertas tersebut dibuat pola dan digunting dalam bentuk seperti bunga dan bintang yang nantinya  disusun bersama di dalam sebuah karton putih. 

Games tersebut memiliki beberapa  aturan. Aturan yang pertama, ruangan kelas dibagi dua daerah. Daerah pertama adalah “daerah kelompok”, wilayah dimana para siswi boleh berbicara dan berembuk dan satu sama lain untuk bersepakat dan berbagi tugas. Daerah kedua adalah “daerah pribadi” yaitu daerah untuk menulis, membentuk dan menggunting yang dikerjakan secara individual. Di daerah ini siswa tidak diperbolehkan bicara satu sama lain sama sekali kecuali dalam bahasa isyarat. Jika salah satu dari siswi ingin berbicara kepada temannya, diharuskan untuk memberi isyarat sederhana berupa ajakan berpindah ke “ruang kelompok” untuk berbicara di sana.   

Sebelum games berakhir, kami mendapat kesempatan berembuk untuk menggabungkan berbagai macam bentuk–bentuk geometri yang memuat 18 nilai-nilai  tersebut ke dalam sebuah karton  putih. 

Ternyata tidak gampang menyatukan karya banyak orang. Terbukti para siswi harus bekerja dengan cermat dan saling membantu untuk menyatukan potongan geometri berbeda-beda itu. 

Babak terakhir games bisa dikatakan sebagai bagian yang paling seru dan menantang. Mengapa? Karena, setiap siswi Humaira harus  menyampaikan dari ke-18 nilai positif tersebut, apa saja nilai yang terlaksana dalam games tersebut.

Pertemuan kedua berlangsung pada hari Kamis, 11 Juli 2019. Pembahasan yang dibahas tetaplah sama, tentang 18 nilai positif. Namun kali ini siswi Humaira diberikan materi dalam sajian yang berbeda. Siswi Humaira dipersilahkan untuk memilih satu nilai yang sangat  ingin fokus dibangun. Dengan bantuan dari Bunda Ningrum, para siswi membuat goals setting pengaplikasian dari nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara detail. Selain itu, para siswi juga diarahkan untuk mendefinisikan nilai tersebut menurut diri mereka sendiri beserta penganalogiannya. Dan terakhir,  para siswi dibantu untuk mencari ayat Al Qur’an yang bersangkutan dengan nilai yang sudah dipilih oleh masing-masing siswi.

Dari sekian banyak materi yang disampaikan oleh Bunda Ningrum, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan. Pertama, tentang alangkah pentingnya self talk, yakni bagaimana cara kita merespon dan  berbicara pada diri sendiri. Kemudian yang tak kalah penting adalah menyelaraskan tujuan hidup, pikiran, dan perbuatan untuk selalu  tetap positif. 

Dengan menerapkan nilai-nilai positif tersebut, insya Allah akan lebih mudah meniti jalan menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat (Amira ,siswi Humaira)


Posted on: 17 Jul 2019, by: Humaira


Berita Lainnya

Kunjungan Salsabila Tahfidz Boarding School

Assalammualaikum wr.wb. Alhamdulillah…

Read More

Qur'an Camp

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulillah…

Read More

Seminar Anti Joker

Assalammualaikum wr.wb. Pada…

Read More

Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Ar-Rahmah

Assalammualaikum.Wr.Wb. Atas…

Read More

Training ESQ for Teens

Assalamuaalaikum wr.wb Alhamdulillah…

Read More

Personal Selling

Assalamualaikum wr.wb Atas…

Read More

Ramadhan Camp

Alhamdulillah, atas perkenan Allah, Rumah Edukasi Muslimah (Rekam) “Humaira”…

Read More

Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Kehidupan

Atas izin dan rahmat Allah SWT, pada pekan kedua bulan ini The House of Humaira mendapatkan materi…

Read More

Mengawali Program Tahun Ajaran baru dengan Berbenah

Awal Juli 2019, muslimah Humaira mulai kembali beraktivitas. Siswi baru selevel SMP pun bergabung…

Read More

Kunjungan dari Pengajar Pondok Tahfidz Era Mart Samarinda

Selasa, 13 November 2018 malam hari--sekitar ba’da isya—rumah edukasi kepribadian muslimah Humaira kedatangan tamu…

Read More